Menu Close Menu

Pembangunan Jalan Sport Center Sumut untuk PON XXI Rampung Akhir Agustus 2024

Kamis, 22 Agustus 2024 | 12.52 WIB


DHEAN.NEWS JAKARTA  - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa pembangunan Jalan Sport Center di Provinsi Sumut akan selesai pada akhir Agustus 2024. Hal itu disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat meninjau kesiapan venue PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Utama Sumut, termasuk tempat dan konektivitas/akses jalan, pada Selasa (20/8/2024).


Pembangunan yang dilakukan oleh PUPR meliputi jalan utama, jalan dalam kawasan, lapangan parkir, dan pelataran gedung. Menteri Basuki menegaskan bahwa PON XXI adalah acara nasional, sehingga semua pihak harus bertanggung jawab untuk menyukseskannya. “Saya minta semua pekerjaan selesai, rapi, dan fungsional pada 31 Agustus 2024. Kualitas harus terjaga dan tidak boleh ada pengurangan,” ucap Menteri Basuki dalam keterangan pers yang diterima InfoPublik pada Kamis (22/8/2024).


Dukungan pembangunan Jalan Sport Center itu terdiri dari empat paket pekerjaan. Paket I meliputi pembangunan jalan utama sepanjang 2,1 kilometer (km) dengan progres 32 persen, yang dikerjakan oleh PT Trimurti Perkasa dengan anggaran Rp71,9 miliar.


Paket II mencakup pembangunan jalan dalam kawasan sepanjang 1,1 km dengan progres 32 persen, yang dikerjakan oleh PT Arkan Putra Tama dengan anggaran Rp34,5 miliar. Paket III adalah pembangunan area parkir dan pelataran gedung dengan progres 32 persen, yang dikerjakan oleh PT Sumatera Pioneer Building Material dengan anggaran Rp66,1 miliar. Paket IV mencakup pembangunan jalan selebar 8 meter, parkiran, dan parkir persegi dengan progres 45 persen, yang dikerjakan oleh PT Gardapati Sarana Indonesia dengan anggaran Rp38,7 miliar.


Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah IV Provinsi Sumut, Rahmad Parulian, memastikan bahwa infrastruktur jalan Sport Center Sumatera Utara akan rampung pada 31 Agustus 2024. “Untuk penunjang PON sudah siap digunakan pada 31 Agustus 2024, dan utilitas pendukung lainnya akan disempurnakan di akhir tahun,” jelas Rahmad.


Selain itu, untuk mendukung PON XXI, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumut juga membangun kawasan gateball di Kecamatan Medan Deli, Kota Medan. Kawasan ini terdiri dari lima lapangan gateball yang juga ditargetkan selesai pada 31 Agustus 2024.


Saat ini, tiga dari lima lapangan telah selesai dibangun dengan progres total mencapai 39 persen. Pembangunan kawasan gateball ini dilaksanakan oleh CV. Minggos Putra dengan nilai kontrak Rp11 miliar. “Untuk memastikan kesiapan dan keamanan, kami akan melakukan uji coba lima lapangan gateball pada 25 Agustus mendatang,” tambah Rahmad.


Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Prasarana Strategis Essy Asiah, dan Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Sumatera Utara Deva Kurniawan Rahmadi.

Komentar