Menu Close Menu

Kapolres Kepulauan Selayar Jadi Pembina Apel HUT Gerakan Pramuka ke-63

Rabu, 14 Agustus 2024 | 18.22 WIB

 


DHEAN.NEWS SELAYAR - Kapolres Kepulauan AKBP. Adnan Pandibu, SH.,S.IK menjadi Pembina Apel, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka ke-63 tahun 2024 di halaman kantor Bupati Kab. Kep. Selayar Jl. Jend. Ahmad Yani No. 1, Kel. Benteng, Kec. Benteng, Kab. Kep. Selayar, hari ini Rabu, (14/08).



Dalam amanat Apel, Kapolres membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol. (Purn.) Drs. Budi Waseso.


“ Kepada anggota Gerakan Pramuka di seluruh penjuru tanah air Indonesia saya mengucapkan selamat memperingati Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024. Pada kesempatan yang baik ini, atas nama Gerakan Pramuka saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada Bapak Presiden Republik Indonesia dan Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia beserta seluruh jajaran pemerintah Republik Indonesia yang selalu mendukung program-program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka.” Kata Budi Waseso, sebagaimana dibacakan Kapolres.



Dijelaskan bahwa gerakan Pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana yang telah ditegaskan pada tema Hari Pramuka ke-63 ini yaitu "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI".


 Gerakan Pramuka dinilai tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini. Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik yang menjadi postur ideal seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia. 


“ Sebagai organisasi Pendidikan non formal, Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekedar menangani character building tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat yang diantaranya melakukan perbantuan berbagai kebencanaan, terlibat pada tim Search And Rescue (SAR), melaksanakan kegiatan Bakti seperti bedah rumah di berbagai penjuru tanah air, aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan seperti penanaman pohon, pembersihan fasilitas umum, pembersihan sarana ibadah, dan sosialisasi hemat energi”, tambahnya.


Gerakan Pramuka juga telah melakukan adaptasi teknologi, turut andil dalam mewujudkan ketahanan pangan dengan membuat Sekolah Pertanian Terpadu yang bekerjasama dengan Food and Agriculture Organization (FAO), memberikan pelatihan kepemimpinan kepada generasi muda secara berkelanjutan, mengembangkan program kewirausahaan dalam rangka berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional, dan Gerakan Pramuka terus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan pada masa yang akan datang.


“ Kegiatan dan upaya yang telah kita lakukan tersebut adalah bagian dari kontribusi Gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan memiliki daya saing, Karena kami sangat yakin Sumber Daya Manusia yang dipersiapkan oleh Gerakan Pramuka merupakan Sumber Daya Manusia yang berjiwa Pancasila karena dididik dengan Fundamental Value Transformation Gerakan Pramuka yaitu pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.” 


Pramuka diharapkan akan menjadi aktor penggerak dan pilar kekuatan negara dalam menuju Indonesia Emas pada tahun 2045. 


Untuk diketahui, Apel di Halaman  Kantor Bupati Kepulauan Selayar ini diikuti Jajaran Pengurus Kwartir Cabang Pramuka, Para Kepala Sekolah tingkat SD, SMP,  SMA, Para pemimpin Gudep Pramuka Se-Kec. Benteng dan  Siswa-Siswi anggota Pramuka Kab. Kep. Selayar.



(As)

Komentar